Pengertian MVC (Model-View-Controller)

Assalamualaikum Wr.Wb

Bagaimana kabarnya sobat ? Pada kesempatan kali ini saya tidak membahas tentang sebuah aplikasi, tapi saya akan membahas tentang MVC. Apa itu MVC ? Model-View-Controller atau biasa disingkat MVC adalah sebuah metode untuk membuat aplikasi dengan memisahkan antara data (Model) dari tampilan (View) dan cara bagaimana memprosesnya (Controller).
 
Kebanyakan framework dalam aplikasi website berbasis arsitektur MVC. MVC merupakan suatu konsep yang cukup populer dalam pembangunan aplikasi web. MVC memisahkan pengembangan aplikasi berdasarkan komponen utama yang membangun sebuah aplikasi seperti manipulasi data, user interface, dan bagian yang menjadi kontrol dalam sebuah aplikasi.
 
Terdapat tiga jenis komponen yang membangun suatu pola MVC dalam suatu aplikasi yaitu :
 
View
View merupakan bagian yang menangani presentation logic. Pada suatu aplikasi web bagian ini biasanya berupafile template HTML yang diatur oleh controller. View berfungsi untuk menerima dan merepresentasikan data kepada user. Bagian ini tidak memiliki akses langsung terhadap bagian model.
 
Model
Model merupakan bagian yang biasanya berhubungan langsung dengan database untuk memanipulasi data(insert, update, delete, search), menangani validasi dari bagian controller, tetapi tidak bisa berhubungan langsung dengan bagian view.
 
Controller
Controller merupakan bagian yang mengatur hubungan antara bagian model dan bagian view, controller berfungsi untuk menerima request dan data dari user, kemudian menentukan apa yang akan diproses oleh aplikasi.
 
Sistem dari MVC sebenarnya cukup sederhana dan mudah dipahami, membeda-bedakan setiap bagian sesuai dengan fungsinya. Sebagai contoh, teman-teman ingin membuat akun e-mail. Pertama saat kalian akan membuat akun email, kalian akan melihat tampilan sign-up/register, tampilan inilah yang disebut dengan View. Kemudian kalian mengisikan data pada form pendaftaran seperti username, password, dll, lalu klik sign-up/register maka di sini View akan memanggil Controller dan Controller memanggil Model, kemudian Model mengecek apakah data yang kalian isikan sudah sesuai dengan kriteria pendaftaran seperti sudah mengisi username, password dan lain sebagainya. Kemudian Model menggembalikan ke Controller dan Controller mengembalikan ke View, dan kita akan melihat tampilan berhasil atau tidak kita sign-up/register. Untuk lebih jelasnya, alur MVC bisa dilihat pada gambar berikut
 

Kesimpulannya, View adalah tampilan web yang kita lihat, Model adalah bagian yang berususan dengan data dan database, dan Controller untuk mengatur alur kerja antara Model dan View.

 
Sekian penjelasan tentang MVC (Model-View-Controller). Semoga bermanfaat...

About autor

Vanny Hadiwijaya

Berhasil mengalahkan dirimu, menjadikanmu dewasa. Berhasil mengalahkan orang lain, menjadikanmu pemenang. Tapi memberhasilkan orang lainlah yang menjadikanmu pemimpin. "Vanny Hadiwijaya, S.Kom"

Comments

New Comment

* Your comment needs administrators' agreement to be appeared.